logo
×

Senin, 22 Maret 2021

Bicara Impor Beras, Mentan Syahrul: Serap Dulu Gabah Kita

Bicara Impor Beras, Mentan Syahrul: Serap Dulu Gabah Kita

DEMOKRASI.CO.ID - Rencana impor beras menjadi salah satu topik yang sempat disinggung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan kuliah umum di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Sumatera Utara, Senin (22/3).

"Yang aku minta serap dulu gabah kita," katanya di hadapan ratusan mahasiswa seperti dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Dalam kuliah umum tersebut, Syahrul berulang-ulang menegaskan jika mahasiswa Polbangtan menjadi sosok-sosok yang andil dalam meningkatkan kualitas hasil pertanian di Indonesia.

Kualitas yang menurutnya juga menjadi penentu dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia yang hidup di negara agraris. Para mahasiswa harus terus berinovasi agar pertanian terus maju dan mampu bersaing dengan negara lain.

Jika hasil pertanian baik dari sisi kualitas dan kuantitas sangat baik, maka Indonesia logikanya tidak perlu melakukan import untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

"Kalau jumlahnya bagus, kualitasnya bagus ya logikanya tidak boleh impor," sebutnya lagi.

Diketahui Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berencana untuk mengimpor 1 juta ton beras. Alasannya, impor ini bukan karena pasokan beras yang kurang.

Akan tetapi menjadi mekanisme pemerintah untuk menjaga cadangan beras yang dimiliki Bulog. Pasalnya, Bulog diharuskan memiliki cadangan beras pemerintah (CBP) sebesar 1 juta ton hingga 1,5 juta ton.(RMOL)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: