logo
×

Minggu, 31 Juli 2022

Geger, Beredar Video Narapidana Lapas Parepare Demo Kalapas Akibat Dugaan Pungli

Geger, Beredar Video Narapidana Lapas Parepare Demo Kalapas Akibat Dugaan Pungli

DEMOKRASI.CO.ID - Sebuah Video aksi demonstrasi warga binaan di Lapas Kelas IIA Parepare viral di jagad maya. Diduga aksi ini dipicu adanya pungutan liar yang dilakukan pihak lapas kepada para warga binaan di lapas yang dalam beberapa bulan terakhir ini kerap menimbulkan kegaduhan di kota Parepare.

Dalam video yang juga direkam dari dalam lapas kelas IIA Parepare yang diketahui terjadi pada Jumat 29 Juli 2022 lalu tersebut, warga binaan terlihat berkumpul di satu area dalam area lapas. Satu warga binaan menjadi orator.

"Standarnya bagaimana sih?. Apa artinya itu minta-minta uang?," teriak salah seorang warga binaan di dalam video tersebut.

Kata minta minta uang dari warga binaan yang sering terdengar dalam video ini.

Saat dikonfirmasi, Kalapas Parepare,Zainuddin didepan sejumlah jurnalis, Minggu (31/7/2022) mengatakan warga binaan dalam video itu hanya ingin mempertanyakan soal prosedur izin keluar saja.

Ia menjelaskan riak-riak itu karena ada warga binaan yang mau izin keluar menjenguk anaknya. Hanya saja, kata dia, prosedurnya belum lengkap.

"Ada yang mau keluar, besuk anaknya sakit. Tapi prosedurnya belum lengkap. Itu dia pertanyakan tadi. Kalau kita keluarkan yang tidak sesuai prosedur nanti kita serba salah lagi," jelasnya.

Soal pungli, Zainuddin tak berbicara banyak. Ia menyebut informasi itu masih belum jelas. "Kalau itu, bukan hal-hal yang seperti itu. Jadi kan informasi itu yang prinsipnya masih dangkal," bebernya lagi.

Ini kali ketiga lapas Parepare diterpa masalah.Sebelumnya pada bulan Februari 2022 kalapas Parepare diterpa isu melecehkan seorang napi perempuan dan pada Juni 2022 napi lapas kelas II A Parepare diduga keluar lapas dan menganiaya istrinya sendiri.  [tvonenews]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: