logo
×

Sabtu, 30 Juli 2022

Upaya Hindari Krisis, Kunjungan Jokowi ke Jepang, Korea dan China Dianggap Tepat

Upaya Hindari Krisis, Kunjungan Jokowi ke Jepang, Korea dan China Dianggap Tepat

DEMOKRASI.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipuji dalam kunjungan ke berbagai negara Asia Timur. Jokowi dinilai berupaya dalam menekan dampak gejolak ekonomi dunia terhadap ekonomi Indonesia.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core), Piter Abdullah mengatakan, kunjungan ke RRT, Jepang dan Korea merupakan langkah tepat. Menurut dia, salah satu yang terpenting ialah menjaga hubungan ekonomi dengan ketiga negara tersebut.

Menurut dia, bertemu Xi Jinping dan melahirkan berbagai kesepakatan strategis mampu menghindari Indonesia dari resesi. Apalagi ketiga negara tersebut merupakan negara dengan kekuatan ekonomi yang besar.

"Terganggunya hubungan China-Indonesia akan berdampak besar terhadap ekonomi Indonesia. Apalagi di tengah kondisi negara-negara besar lainnya yang sedang terancam krisis resesi,” ujar Piter di Jakarta.

Lebih lanjut, Piter menilai Jokowi sangat memahami kondisi geopolitik dan ekonomi dunia saat ini. Solusi memperkuat hubungan ekonomi dengan berbagai negara merupakan hal yang tepat.

"Komoditas energi dan pangan terbatas dan harganya melonjak naik yang lebih disebabkan oleh ketegangan geopolitik dan perang," ujarnya.

Diketahui, Jokowi baru saja berkunjung ke Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Jokowi bertemu dan membawa berbagai kesepakatan dari kunjungan ketiga negara tersebut. [rmol] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: