logo
×

Rabu, 17 Agustus 2022

Cuaca Cerah, 14 Pesawat F-16 TNI AU dan Bendera Raksasa Akan Melintas di Langit Istana Negara

Cuaca Cerah, 14 Pesawat F-16 TNI AU dan Bendera Raksasa Akan Melintas di Langit Istana Negara

DEMOKRASI.CO.ID - Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia, TNI Angkatan Udara menyiapkan demo udara fly pass di atas Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).

Sebanyak 14 pesawat tempur F-16 milik TNI AU dengan call sign Garuda Flight rencananya akan terbang dengan membentuk formasi angka 77 di atas Istana Merdeka Jakarta sekira pukul 10.36 WIB.

Selang dua menit berikutnya, sebanyak delapan helikopter dari TNI-Polri dengan call sign Nusantara Flight akan melintas di depan Istana Merdeka dengan membentuk dua formasi.

Setiap formasi dipimpin helikopter TNI AU yang akan membawa bendera raksasa berukuran 20 x 30 meter berbobot sekira 1,3 ton.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan pagi ini seluruh tim demo udara fly pass dalam rangka HIT Ke-77 RI telah melaksanakan briefing.

"Alhamdulillah hari ini cuaca baik dan mendukung. Tadi dilaporkan visibility 3.000 meter di Monas dan di sini sudah 5.000 meter," kata Indan di kanal Youtube Airmen TV Dispenau pada Rabu (17/8/2022).

"Harapannya nanti saya kira sekarang sudah makin baik, gedung-gedung di belakang sudah terlihat. Mungkin ini menandakan visibility makin membaik dan tentu ini akan menjadi harapan kita semua," sambung Indan.

Indan bersyukur bahwa TNI Angkatan Udara dipercaya kembali untuk melaksanakan demo udara di Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia.

Tahun ini, kata dia, merupakan ke-11 kalinya TNI AU melakukan demo udara.

Hal tersebut, kata Indan, merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi personel TNI AU untuk melaksanakan demo udara khususnya fly pass di Istana Merdeka.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut atas permintaan atau istruksi, arahan, dari Panita Pusat Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-77.

Untuk itu, sebelumnya seluruh personel yang terlibat telah melaskanakan latihan parsial di satuannya masing-masing.

Selain itu, tim juga sudah melaksanakan latihan di tempat pelaksanaan yaitu di Lanud Halim Perdanakusumah dan melintas di Istana mulai hari Sabtu pekan lalu.

Gladi kotor, kata dia, telah dilaksanana dua kali dan gladi bersih telah dilaksanakan satu kali.

"Ini yang akan dipersembahkan oleh Garuda Flight kepada seluruh rakyat Indonesia dengan melintas di atas Istana Negara. Waktunya nanti kurang lebih sekitar 10.36 WIB akan melintas," kata dia.[detik] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: