logo
×

Jumat, 19 Agustus 2022

Istri Irjen Ferdy Sambo Tersangka, Komisioner Komnas HAM Minta Ini

Istri Irjen Ferdy Sambo Tersangka, Komisioner Komnas HAM Minta Ini

DEMOKRASI.CO.ID - Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah mengatakan pihaknya menghormati proses hukum dan penetapan status tersangka terhadap istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Dia menyebutkan meski berstatus tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, istri Irjen Ferdy Sambo itu tetap memiliki hak yang diatur dalam KUHP.

"Dalam hal ini, tentu Ibu PC memiliki sejumlah hak yang dijamin dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, yaitu praduga tidak bersalah, hak atas bantuan hukum, hak memberikan keterangan tanpa tekanan, hak untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi, hak bebas dari pertanyaan yang menjerat, juga hak atas kesehatan," kata Siti Aminah dalam konferensi pers bersama komnas HAM secara virtual, Jumat (19/8).

Dia juga merekomendasikan agar hak-hak Putri Candrawathi sebagai perempuan yang berhadapan dengan hukum ini dihormati dan dipenuhi oleh negara.

Siti juga menyebutkan untuk memahami kasus ini secara utuh, pihaknya tentu harus mendengarkan keterangan dari Putri Candrawathi.

"Tentu kami harus meminta keterangan dari Ibu PC dalam posisinya sebagai apa pun, baik saksi, tersangka atau pendalaman dari dugaan terjadinya kekerasan seksual," jelasnya.

Dia menerangkan Komnas Perempuan memiliki perbedaan dalam melihat kasus ini dengan polisi. Polisi memeriksa kasus ini konteksnya dalam penegakan hukum sampai peradilan pidana, sedangkan komnas HAM dan Komnas Perempuan untuk melihat apakah di dalam kasus ini ada pelangaran hak asasi manusia, termasuk pelanggaran dalam proses hukum.

Dia juga menyebutkan pihaknya dan komnas HAM tidak akan menghentikan seluruh upaya pengumpulan fakta dan upaya pemeriksaan.

"Karena berbagai upaya itu sudah dilakukan dan kami harus mendapatkan gambaran yang utuh," jelas dia.

Dia juga menyebutkan pihak masih melakukan koordinasi untuk mendapatkan keterangan dari Putri Candrawathi. (jpnn/fajar)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: