logo
×

Senin, 01 Agustus 2022

Statusnya Masih Saksi Kasus Brigadir J, Bharada E atau Richard Ditarik Kembali ke Brimob Untuk Bertugas Seperti Biasa

Statusnya Masih Saksi Kasus Brigadir J, Bharada E atau Richard Ditarik Kembali ke Brimob Untuk Bertugas Seperti Biasa

DEMOKRASI.CO.ID - Teka-teki tentang keberadaan Bharada E atau Richard Eliezer pasca penembakan Brigadir J akhirnya diungkap oleh Mabes Polri. Setelah terlibat dalam baku tembak di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo, Bharada E memang tampak tak tunjukkan batang hidung.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo menuturkan Bharada E kini masih menjalankan tugas seperti biasa di Markas Komando Brigadir Mobil (Mako Brimob).  

Diketahui saat ini Bharada E sebagai berstatus saksi dalam baku tembak sesama polisi di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo.  

"(Ditarik ke Mako Brimob,red) karena statusnya masih jadi saksi," ungkap Irjen Dedi seusai dikonfirmasi pada Minggu (31/7/2022).  

Sebelumnya, keberadaan Bharada E sebelumnya kerap dipertanyakan kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak. 

Dia mengatakan pihak keluarga ingin mengetahui keberadaan Bharada E yang diduga menjadi pembunuh Brigadir J.  

"Siapa itu Bharada E dan di mana dia? Itu tidak pernah diungkap sehingga kasus ini janggal," kata dia, beberapa waktu lalu.  

Adapun kabar keberadaan Bharada E kali pertama diketahui dari Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo.  Menurut Hasto, pihaknya ingin memanggil Bharada E dan istri Irjen Ferdy Sambo untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J.  

"Pengacaranya Bu Putri (istri Sambo) melayangkan surat belum bisa memberikan keterangan. Nah, Bharada E tidak datang, tapi yang hadir malah dari Mako (Brimob)," jelas Hasto.

Kasus Penembakan Brigadir J Kembali Ditarik ke Bareskrim Polri

Mabes Polri melalui Bareskrim akhirnya menarik kembali kasus yang tewasnya Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo. Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo langkah yang diambil itu untuk mempercepat proses penanganan terhadap kasus yang menjadi pusat perhatian publik. 

"Ya (ditarik) dijadikan satu agar efektif dan efisien dalam manajemen sidiknya," kata Dedi dikonfirmasi melalui pesan instan di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya ada tiga laporan polisi terkait Brigadir J yang ditangani oleh Polri. Dua laporan yakni dugaan pelecehan dan penodongan senjata terhadap P, istri Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo yang awal mulanya ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan, kemudian ditarik ke Polda Metro Jaya. Penarikan kasus ini diinformasikan pada Selasa (19/7)

Laporan Polres Metro Jakarta Selatan 

Polri melalui Polres Metro Jakarta Selatan mendapat dua laporan yang dilaporkan P, istri Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo. Dua laporan tersebut dugaan pelecehan dan penodongan senjata terhadap P. 

Laporan Ditarik Polda Metro Jaya 

Dua laporan dari P tersebut, lalu ditarik ke Polda Metro Jaya yang diinformasikan pada Selasa 19 Juli 2022.

Kemudian laporan polisi yang dilayangkan oleh Keluarga Brigadir J melalui kuasa hukumnya tentang dugaan pembunuhan berencana pada Senin, 18 Juli 2022. Kini, kedua laporan yang ada di Polda Metro Jaya ditarik ke Bareskrim Polri mulai Jumat (29/7).

Terkait dua laporan yang ditarik dari Polda Metro Jaya ke Bareskrim Polri, Dedi mengatakan penyidikan tetap melibatkan penyidik dari Polda Metro Jaya (PMJ) dan Polres Metro Jakarta Selatan masuk dalam tim penyidik tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. "Namun penyidik PMJ, Jaksel tetap masuk dalam tim sidik timsus," ujarnya.

Brigadir J Ngaku Diancam Oleh ´Skuad Lama´ Yang Kurang Ajar

Kamaruddin menyampaikan bahwa melalui panggilan video dengan Vera Simanjuntak, Brigadir J menangis karena dirinya tak lama lagi akan meninggal karena dibunuh oleh sosok yang disebutnya kurang ajar.

¨Alm pamitan dan memohon maaf serta meminta mencari pria lain sebagai pengganti dirinya, sekaligus menjelaskan bahwa dia akan pergi untuk selamanya, karena akan dibunuh oleh para squad lama yang pada kurang ajar"," tulis Kamarudin Simanjuntak melalui akun Facebook pribadinya.

Lalu, Kamaruddin menyebutkan bahwa skuad lama yang dimaksud Brigadir J adalah sesama ajudan Irjen Ferdy Sambo. Ia lalu mengungkapkan bahwa sosok Brigadir J adalah di antara foto-foto. 

¨Siapa yang akan membunuh, skuad lama. Siapa itu? Ada di antara foto-foto itu," ungkap Kamaruddin.

Namun, belum diketahui pasti foto yang dimaksud oleh kuasa hukum Brigadir J tersebut.

Arman Hanis selaku pengacara Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo mengungkapkan bahwa sosok yang disebut Brigadir J sebagai ´skuad lama´ adalah sesama ajudan Irjen Ferdy Sambo. Namun, menurutnya sosok skuad lama itu sangatlah dekat dengan Brigadir J.

Sosok yang dimaksud Arman Hanis ialah Brigadir D, namun menurutnya hubungan Brigadir D dan Brigadir J adalah sahabat yang selalu menjadi tempat bercerita sehingga menurutnya tidak mungkin.

¨Itu mungkin Brigadir D yang paling dekat sama dia (Brigadir J), Bagaimana caranya Brigadir D yang mau ancam. Kan seangkatan atau apa, pokoknya yang paling dekat dengan dia (Brigadir J) kan Brigadir D,” ujarnya Arman yang dikutip dari VIVA, pada Rabu (30/7/2022).

Arman juga menyebutkan sosok Brigadir J sangat dipercaya oleh keluarga Irjen Sambo dan diberi tanggungjawab untuk mengelola keuangan. Hal tersebut juga disampaikan dan diakui oleh keluarga Brigadir J. 

“Pertanyaan saya, siapakah yang berani ancam Josua? Kan kata keluarganya sendiri, Josua diberikan tanggungjawab keuangan oleh Pak FS (Ferdy Sambo) kan. Pernah kan berita gitu? Teman-teman di situ Adc (ajudan) anggap dia (Brigadir J) kepala rumah tangga (karumga). Berarti kan, siapa yang berani mau ancam dia,” jelasnya. 

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan asisten rumah tangga (ART) yang jagain rumah singgah atau tempat yang disebut terjadinya Insiden tersebut juga meminta Brigadir J untuk memperbaiki kamera CCTV. Atas dasar itu, Arman pun heran jika tuduhan Brigadir D mau mengancam Brigadir J.  

“Enggak mungkin dia dianggap oleh Brigadir D. Dia kepala rumah tangga gimana mau diancam. ART yang jaga TKP atau rumah singgah itu, kalau mau perbaiki CCTV itu lapor k Josua,” ungkapnya. [tvonenews]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: