logo
×

Kamis, 26 Januari 2023

Cak Nun Dibayar Rp1 Miliar untuk Fitnah Presiden Jokowi, Apa Benar?

Cak Nun Dibayar Rp1 Miliar untuk Fitnah Presiden Jokowi, Apa Benar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 24 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Cak Nun dibayar sebesar Rp1 miliar untuk fitnah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"MAHAR FITNAH JOKOWI 1 MILYAR? BOHIR DIBELAKANG CAK NUN TERBONGKAR & APA MISINYA," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Sosok Bohir Dibalik Ceramahnya Cak Nun Terbongkar, Ternyata Benar Tebakan Kita Semua!!!" demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Cak Nun dibayar Rp1 miliar untuk fitnah Jokowi. 

Video menarasikan artikel opini dari Seword.com dengan judul "Benarkah Kyai Kesambet Buat Pengalihan Issue Skandal Bansos DKI?" tayang pada 20 Januari 2023. 

Artikel itu memuat asumsi penulis soal polemik Cak Nun yang menyebut Jokowi seperti Firaun sebagai pengalihan isu kasus dugaan korupsi DKI yang diungkap pegiat media sosial Rudi Valinka lewat akun Twitter @kurawa. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Cak Nun dibayar Rp1 miliar untuk fitnah Jokowi adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi resmi yang menyatakan demikian. [popilis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: