logo
×

Senin, 30 Januari 2023

Diperiksa KPK, Benarkah Menag Yaqut Terseret Korupsi Dana Haji Rp1 Triliun?

Diperiksa KPK, Benarkah Menag Yaqut Terseret Korupsi Dana Haji Rp1 Triliun?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Menteri Agaman (Menag) Yaqut Cholil Quomas beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 29 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Menag Yaqut diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terseret korupsi dana haji sebesar Rp1 triliun. 

"Gelap mata... TERSERET KASUS KORUPSI 1 TRILIUN MENTERI YAKUT DIPERIKSA KPK HINGGA SERET NAMA OPUNG LUHUT," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"GUS YAKUT DIPERIKSA KPK !! TRILIUNAN DANA HAJI MENGALIR UNTUK BAYAR IKN || BERITA TERKINI," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Menag Yaqut diperiksa KPK karena terseret korupsi dana haji sebesar Rp1 triliun. 

Video membahas kritik Wakil Ketua Lembaga Perekonmian PBNU Umar Hasibuan atau Gus Umar terhadap keputusan Menag Yaqut yang membatalkan ibadah haji 2021. 

Melansir Makassar.terkini.id, kritik itu disampaikan melalui cuitan akun Twitter Gus Umar. Ia menilai bahwa keputusan tersebut diambil karena pemerintah kebingungan menghadapi pembatasan kuota haji. 

Selanjutnya video membahas soal penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu bagi jamaah Indonesia usai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Putera Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada 2022. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Menag Yaqut diperiksa KPK karena terseret korupsi dana haji sebesar Rp1 triliun adalah tidak benar. Faktanya. tidak ada informasi resmi yang menyatakan demikian. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: