logo
×

Rabu, 25 Januari 2023

Gegara Sebut Jokowi Firaun, Benarkah Cak Nun Ditangkap Kapolri?

Gegara Sebut Jokowi Firaun, Benarkah Cak Nun Ditangkap Kapolri?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 21 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan bahwa Cak Nun ditangkap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti Firaun. 

"CAK NUN KATAKAN JOKOWI FIRAUN, KAPOLRI DENGAN SIGAP TANGKAP CAK NUN SEPERTI INI.!!" tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Breaking news..!!Ngeri cak nun katakan jokowi firaun kapolri dengan sigap tangkap cak nun begini.!!" demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Cak Nun ditangkap Kapolri usai menyebut Jokowi seperti Firaun. 

Video menarasikan artikel opini dari Seword.com dengan judul "Ngakak! Bela Anies, Serang Jokowi, Andi Arief Bikin Anies Kena Tuampol Bawaslu!" tayang pada 23 Desember 2022. 

Artikel itu memuat tanggapan penulis terhadap pernyataan elite Partai Demokrat Andi Arief soal teguran Bawaslu kepada Anies Baswedan yang melakukan safari politik. Menurut Andi Arief, seharusnya Bawaslu juga menegur Jokowi karena kerap mengendorse Ganjar Pranowo, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto sebagai bakal capres. 

Dengan demikian, video dengan narasi Cak Nun ditangkap Kapolri usai menyebut Jokowi Firaun adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi terkait. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: