logo
×

Minggu, 29 Januari 2023

Jokowi dan Nasdem Renggang Gara-gara Capres

Jokowi dan Nasdem Renggang Gara-gara Capres

DEMOKRASI.CO.ID - Hubungan Presiden Jokowi dengan Partai NasDem merenggang setelah ketua umum partai itu, Surya Paloh, mengumumkan mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, sebagai capres 2024. Keretakan itu merembet ke Kabinet Indonesia Maju. Beredar kabar Jokowi akan mencopot tiga menteri dari NasDem. Ada yang sudah dipanggil ke Istana, ada yang diusut kebijakannya karena terindikasi korupsi. Politik dan kekuasaan kian menjadi panglima dalam urusan negara, bukan kerja, kerja, kerja?

HUKUM

Senapan Ilegal Pilot Papua

Kepolisian Filipina menangkap Anton Gobai. Laki-laki 29 tahun asal Papua itu tepergok membawa sepuluh pucuk senjata api laras panjang jenis M-4. Ia diduga membeli senjata itu secara ilegal. Apa peran mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di baliknya?

HUKUM

Razia Tambang Nikel Ilegal

Empat hari setelah edisi nikel ilegal terbit di majalah Tempo, tim gabungan datang ke Blok Mandiodo di Sulawesi Tenggara. Pusat nikel yang biasanya rame penambang ini, hari itu sepi.

EKONOMI

Main Harga Mafia Beras

Pasokan beras operasi pasar ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, sempat terhenti gara-gara isu mafia. Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) mengendus ada kelompok yang menjual beras murah dengan harga premium. Pedagang besar dituding terlibat. Tapi ada importir daging rekanan Bulog yang memonopoli distribusi beras impor. Siapa untung?

LINGKUNGAN

Anomali Konflik Agraria

Pandemi Covid-19 tak menghalangi konflik agraria antara perusahaan perkebunana, kehutanan, infrastrtuktur, dengan masyarakat. Mengapa?

SELINGAN

Repatriasi Fosil Trinil

Museum Naturalis di Leiden, Belanda, menyimpan fosil tengkorak manusia purba Pithecanthropus erectus yang ditemukan Eugène Dubois di Trinil, Jawa Timur.[tempo]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: