logo
×

Selasa, 31 Januari 2023

Jokowi Minta Surya Paloh Jadikan Gibran Cawapres Anies, Apa Benar?

Jokowi Minta Surya Paloh Jadikan Gibran Cawapres Anies, Apa Benar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 30 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Jokowi meminta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menjadikan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden bagi Anies Baswedan. 

"TAK DI SANGKA !! BIKIN GEMPAR SE-INDONESIA JOKOWI MINTA SURYA PALOH JADIKAN GIBRAN CAWAPRES ANIES," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Sampai Sumbang Tiket Pilpres ?Jokowi Minta Surya Paloh Jadikan Gibran Sebagai Cawapres Anies??" demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Jokowi meminta Surya Paloh menjadikan Gibran cawapres Anies. 

Video membahas tanggapan pengamat komunikasi politik Hendri Satrio terhadap pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh di Istana Negara pada Kamis (26/1). Menurutnya, pertemuan itu bertujuan untuk meluruskan kesalahpahaman dan komunikasi yang selama ini terganggu. 

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel Tempo.co berjudul "Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh Disebut Bahas Pencalonan Anies Baswedan", tayang pada 29 Januari 2023. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Jokowi meminta Surya Paloh menjadikan Gibran cawapres Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang menyatakan demikian. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: