logo
×

Sabtu, 11 Februari 2023

Anies Akui Utang Rp50 Miliar ke Sandiaga Uno Atas Suruhan Jusuf Kalla, Apa Benar?

Anies Akui Utang Rp50 Miliar ke Sandiaga Uno Atas Suruhan Jusuf Kalla, Apa Benar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 9 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Anies mengaku utang Rp50 miliar ke Sandiaga Uno atas suruhan Jusuf Kalla (JK). 

"ANIES AKHIRNYA BUKA SUARA HUTANG 50 MILIAR TERNYATA BENAR SURUHAN JUSUF KALLA," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Takut di perjara !! Akhirnya anies buka semuanya,hutang 50 m ternyata benar suruhan JK," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Anies mengaku utang Rp50 miliar ke Sandiaga atas suruhan JK. 

Narator dalam video menyebut bahwa Anies telah mengakui utang ke Sandiaga tersebut. Hal itu disampaikan oleh pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio.

Menurut pengakuan Anies, utang tersebut memang tidak dikembalikan sebab dalam perjanjiannya ongkos kampanye Pilkada DKI 2017 itu tidak akan dikembalikan jika Anies-Sandi memenangi perhelatan tersebut. Memang saat itu, Anies-Sandi keluar sebagai pemenang mengalahkan pasangan Ahok-Djarot. 

Narasi yang dibacakan sesuai dengan artikel Populis.id berjudul "Akhirnya Ngomong Juga, Anies Baswedan Akui Pinjam Duit Rp50 Miliar ke Sandiaga Uno Terus Nggak Dibalikin Gegera Hal Ini, Ternyata…" tayang pada 8 Februari 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi Anies mengaku utang ke Sandiaga atas suruhan JK adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: