logo
×

Selasa, 21 Februari 2023

Gegara IPK Anjlok, Jokowi Langsung Tunjuk Mahfud MD Jadi Ketua KPK, Nyatanya...

Gegara IPK Anjlok, Jokowi Langsung Tunjuk Mahfud MD Jadi Ketua KPK, Nyatanya...

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD beredar di media sosial lewat pengguna akun Facebook yang dibagikan pada 19 Februari 2023. 

Keterangan video seolah mengeklaim bahwa Mahfud MD ditunjuk sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"TANPA K0MPROM1 !! J0KOW1 TUNJUK MAHFVD MD SEBAGAI KETVA KP-K ! FIRL1 TERK3JUT," tulis akun tersebut pada keterangan video. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Mahfud MD ditunjuk sebagai ketua KPK oleh Jokowi. 

Video memuat siaran konferensi pers Jokowi bersama Mahfud MD, KPK, Jaksa Agung, dan Kapolri di Istana Negara. Siaran tersebut identik dengan tayangan kanal KOMPASTV yang diunggah pada 7 Februari 2023. 

Melansir Tempo.co, dalam kesempatan itu Jokowi menyampaikan sikap resmi atas sejumlah hasil survei terkait Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang dilaporkan anjlok oleh Transparency International Indonesia (TII), yang sebelumnya 38 poin pada 2021 menjadi 34 poin pada 2022. 

Dengan demikian, video dengan klaim Mahfud MD ditunjuk sebagai ketua KPK oleh Jokowi adalah keliru. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan klaim tersebut. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: