logo
×

Senin, 20 Februari 2023

Jokowi Disebut Hadiri Acara Deklarasi Dukungan untuk Anies Baswedan, Benarkah?

Jokowi Disebut Hadiri Acara Deklarasi Dukungan untuk Anies Baswedan, Benarkah?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 15 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Jokowi menghadiri acara deklarasi dukungan bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan. 

"KAMPANYE AKBAR !!! DIPIMPIN LANGSUNG JOKOWI DETIK DETIK LAUTAN MANUSIA HADIR ACARA DEKLARASI," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"DEKLARASI ANIES BASWEDAN DIHADIRI LANGSUNG JOKOWI, BUZZER RP MENDADAK JANTUNGAN ~ AGENDA POLITIK," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Jokowi menghadiri acara deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel Tempo.co berjudul "Relawan Anies Baswedan Solo Targetkan Sumbang 15 Ribu Suara pada Pilpres 2024", tayang pada 15 Januari 2023. 

Artikel membahas pernyataan Dewan Pimpinan Daerah Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Kota Solo yang optimis dapat menyumbang perolehan suara lebih dari 15 ribu untuk Anies Baswedan. 

Dengan demikian, video dengan narasi Jokowi menghadiri acara deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: