logo
×

Senin, 06 Februari 2023

Luhut Sebut Jangan Asal Ngomong Kalau Belum Menjabat, Demokrat Langsung Nyeletuk: Memang Perlu Banyak Belajar dari Pak SBY

Luhut Sebut Jangan Asal Ngomong Kalau Belum Menjabat, Demokrat Langsung Nyeletuk: Memang Perlu Banyak Belajar dari Pak SBY

DEMOKRASI.CO.ID - Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putera menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan yang meminta masyarakat tak berburuk sangka kepada pemerintah dan jangan asal mengkritik jika belum bisa berkontribusi untuk negara.

Herzaky menilai setiap warga Indonesia bebas menyampaikan pendapat, aspirasi, ide, termasuk juga masukan hingga kritikan. Menurutnya, hal tersebut harus dipahami setiap pejabat negara.

"Pejabat pemerintah seharusnya dibekali pengetahuan dan pemahaman dasar mengenai negara demokrasi. Setiap warga negara bebas berbicara dan menyampaikan aspirasi, pendapat, ide, termasuk menyampaikan masukan dan kritikan, tanpa perlu merasa takut mendapatkan serangan, sensor, ataupun sanksi hukum," ujar Herzaky kepada wartawan, Minggu (5/2/2023).

“Jangan alergi dengan kritikan, apalagi berupaya membatasi salah satu hak mendasar atau hak asasi manusia dalam berdemokrasi ini,” lanjutnya.

Ia mengatakan, Indonesia sudah menganut system demokrasi, sehingga dalam negara ada namanya prinsip check dan balances. Begitu juga, Demokrat sering menyampaikan kritikan, hanya untuk fungsi control.

“Kalau kami, democrat, sebagai kekuatan penyeimbangan di luar pemerintah, memberikan kritikan seperti yang sering disampaikan oleh Ketua Umum kami, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maupun para anggota parlemen kami, itu diwajibkan,” tuturnya.

Lalu, ia juga menyinggung negara otoriter yang apapun kebijakan pemerintah, mau merugikan rakyatpun, tak boleh ada yang mengingatkan, apalagi mengkritik dengan keras.

Menurutnya, rakyat yang menyampaikan kritik juga bisa dikatakan tanpa solusi. Karena, solusi itu harusnya dipikirkan oleh pejabat pemerintah itu sendiri.

“Memang tidak mudah memimpin negeri. Apalagi kalau banyak pejabat yang merasa sudah berbuat banyak, tapi tak merasakan manfaatnya,” ungkapnya.

"Memang perlu banyak belajar dari Pak SBY dan kader-kader Demokrat yang sudah sukses memimpin negeri selama 10 tahun. Bagaimana rakyat sejahtera, ekonomi tetap tumbuh, kondisi sosial politik stabil, tidak ada polarisasi ataupun perpecahan antar anak bangsa, dan demokrasi terjaga dengan kondusif. Warga tak perlu takut bicara, bahkan bebas mengkritik pemerintah," lanjutnya.

Diketahui, Luhut Binsar mengaku tak mudah dalam mengatur negara. Dan dirinya meminta agar masyarakat tak berburuk sangka kepada pemerintah.

"Kalau belum pernah menjabat jangan asal ngomong, tidak gampang mengatur republik ini," kata Luhut dalam launching Sail Teluk Cendrawasih, Jumat (3/2/2023).[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: