logo
×

Kamis, 02 Februari 2023

Pencapresan Anies Kandas, Benarkah NasDem Bubarkan Koalisi Perubahan?

Pencapresan Anies Kandas, Benarkah NasDem Bubarkan Koalisi Perubahan?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Partai NasDem beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 30 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa NasDem membubarkan Koalisi Perubahan hingga pencapresan Anies Baswedan kandas. 

"MIMPI ANIS JADI CAPRES KANDAS AKHIRNYA NASDEM BUBARKAN KUALISI PERUBAHAN," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"VIRAL !! NASDEM KEMBALI KEJALAN YANG BENAR || KUALISI PERUBAHAN DIPASTIKAN GAGAL." demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar NasDem membubarkan Koalisi Perubahan hingga pencapresan Anies kandas. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel Kompas.com berjudul "Nasdem Dekati Koalisi Gerindra-PKB, Nasib Pencapresan Anies Kini di Ujung Tanduk", tayang pada 27 Januari 2023. 

Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, telah resmi memberikan dukungan kepada Anies untuk maju Pilpres 2024.

Melansir Populis.id, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan mendukung pencapresan Anies. Begitu juga dengan PKS, melalui Wakil Ketua Majelis Syura Sohibul Iman menyatakan dukungannya pada pencapresan Anies usai berdiskusi dengan Ketua Majelis Syura Salim Segaf Al Jufri dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

Dengan demikian, video dengan klaim NasDem membubarkan Koalisi Perubahan hingga pencapresan Anies kandas adalah tidak benar. Faktanya, partai dari koalisi tersebut telah menyatakan dukungan kepada Anies. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: