logo
×

Kamis, 02 Februari 2023

Raja Salman Doakan dan Restui Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Apa Benar?

Raja Salman Doakan dan Restui Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Apa Benar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 31 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Anies mendapat doa dan restu dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz untuk menjadi capres 2024. 

"DIRESTUI RAJA SALMAN JOKOWI JADI SAKSI, RAJA SALMAN DOAKAN LANGSUNG ANIES JADI PRESIDEN 2024," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Viral??JOKOWI KAGET, ANIES DAPAT DOA DAN RESTU LANGSUNG RAJA SALMAN SEBAGAI CAPRES 2024," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Anies mendapat doa dan restu dari Raja Salman menjadi Capres 2024. 

Video terdiri dari sejumlah cuplikan terkait safari politik Anies setelah dideklarasikan NasDem sebagai bakal capres. 

Adapun satu cuplikan deklarasi Anies presiden yang dilakukan oleh sekelompok orang. Cuplikan identik ditemukan pada kanal VIVA.CO.ID yang diunggah pada 9 Juni 2022. 

Dalam keterangannya, sekelompok orang yang tergabung dalam 'Majelis Sang Presiden' menyampaikan dukungan kepada Anies untuk maju sebagai capres 2024. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Anies mendapat doa dan restu dari Raja Salman menjadi capres adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada narasi terkait dalam pembahasan video. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: