logo
×

Senin, 20 Februari 2023

Survei SPIN: Pencapresan Anies Baswedan Gagal Dongkrak Elektabilitas NasDem

Survei SPIN: Pencapresan Anies Baswedan Gagal Dongkrak Elektabilitas NasDem

DEMOKRASI.CO.ID - Hasil survei terbaru Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menunjukkan bahwa pencapresan Anies Baswedan tidak berdampak pada kenaikan elektabilitas Partai NasDem.

Dalam survei yang digelar pada 3-13 Februari 2023 itu Partai NasDem hanya memperoleh elektabilitas 4,4 persen saja. Diurutan pertama, ada PDI Perjuangan dengan elektabilitas sebanyak 20,6 persen.

Menurut Direktur SPIN Igor Dirgantara, pencapresan Anies Baswedan tidak mampu mendongkrak elektabilitas NasDem.

“Efek pencapresan Anies tidak memberikan kontribusi positif terhadap elektabilitas NasDem,” kata Igor kepada wartawan, Minggu (19/2/2023).

"NasDem untuk sementara berada di posisi degradasi. Sementara PAN dan PPP masih berkutat di bawah angka parliamentary threshold 4,0 persen," sambungnya.

Kendati demikian, Igor menjelaskan elektabilitas NasDem dan parpol lain berpotensi dalam kurun waktu satu tahun kedepan sebelum Pemilu 2024 dilaksanakan.

Meskipun demikian dalam waktu satu tahun ke depan, parpol-parpol masih dimungkinkan untuk menambah tambahan elektoral karena masih ada 13,9 persen yang belum menyatakan pilihannya," ujarnya.

Survei ini dilakukan terhadap 1.230 responden dengan usia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel menggunakan multi-stage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar plus minus 2,8 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dan kontrol kualitas 10 persen dari sampel.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: