logo
×

Senin, 20 Februari 2023

Untuk Jadi Cawapres, Benarkah Dewas KPK Bongkar Persekongkolan Firli Bahuri dan Anies Baswedan?

Untuk Jadi Cawapres, Benarkah Dewas KPK Bongkar Persekongkolan Firli Bahuri dan Anies Baswedan?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 17 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Dewan Pengawas (Dewas) KPK membongkar persekongkolan bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan dengan Firli Bahuri untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres). 

"FIRLI CAWAPRES ANIES.!? DETIK2 PIMPINAN KPK SALING HAJAR...!?" tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Berita terbaru - FIRLI CAWAPRES ANIES..!?, DEWAS KPK TEMUKAN PERSEKONGKOLAN MEREKA...!?" demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Dewas KPK membongkar persekongkolan Anies dengan Firli untuk menjadi cawapres. 

Video membahas bantahan Ketua Dewas KPK Tumpak Panggabean terkait isu pimpinan KPK melaporkan pimpinan lainnya ke Dewas. Namun, ia membenarkan adanya nota dinas pelaksanaan tugas-tugas di KPK. 

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel detiknews berjudul "Dewas Tepis Isu Pimpinan KPK Saling Lapor", tayang pada 16 Februari 2023. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Dewas KPK membongkar persekongkolan Anies dengan Firli untuk menjadi cawapres adalah tidak benar. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: