logo
×

Selasa, 25 Agustus 2020

Kasian Banget, Hanya Karena Dianggap Melawan, Anak Korban Penggusuran di Pubabu NTT Dikeluarkan dari Sekolah

Kasian Banget, Hanya Karena Dianggap Melawan, Anak Korban Penggusuran di Pubabu NTT Dikeluarkan dari Sekolah

DEMOKRASI.CO.ID - Nasib warga Pubabu, Kecamatan Basipae, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin terpuruk. Setelah digusur dari tempat tinggalnya oleh aparat, anak-anak mereka juga dikeluarkan dari sekolah dengan alasan melawan pemerintah.

Siswa SMK Negeri 1 Soe, Denny Sae mengaku masih ingin bersekolah, namun sejak peristiwa penolakan relokasi oleh orang tuanya pihak sekolah memberikan hukuman skorsing.

“Saya dianggap melawan kebijakan pemerintah. Saya dihukum skorsing tidak boleh sekolah di situ,” katanya, Jumat (21/8/2020).

Denny mengaku ingin melanjutkan studinya agar tidak putus di tengah jalan demi meraih masa depan. “Saya bingung harus ke sekoah yang mana agar bisa menyelesaikan studi,” ucapnya.

Pihak SMK memang hanya memberitahukan hukuman skorsing kepada siswa dari Desa Pubabu, Besipae. Mereka tidak berani kembali bersekolah.

Warga Pubabu, Besipae yang digusur dari rumahnya kini tinggal di tenda-tenda darurat yang dibangin seadanya dengan terpal plastik dan beralaskan tanah.

Warga Pubabu, Besipae, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Matheda Esterina Selan, mengatakan anak-anak di Besipae saat ini masih mengalami trauma mendalam akibat tindakan intimidatif dari aparat keamanan di daerah setempat.

“Sampai sekarang anak-anak kami menangis terus, mereka mengalami trauma yang berat karena tindakan aparat di Besipae,” katanya.

Dia mengatakan, trauma yang dialami anak-anak ini akibat tindakan intimidatif yang dilakukan aparat keamanan dengan menembakan gas air mata di sekitar warga Besipa yang saat itu pada Selasa (18/8). Peristiwa didokumentasikan dalam bentuk video yang beredar luas di media sosial.

Di antara para warga, lanjut dia, terdapat bayi yang berusia dua bulan, tiga bulan, dan tujuh bulan serta anak-anak usia PAUD dan SD.

“Mereka kaget dan ketakutan hingga sekarang terus menangis. Tembakan gas air mata itu dilakukan tiga kali dan yang terakhir persis di samping tempat kami berkumpul bersama anak-anak,” kata ibu dari tiga orang anak itu.

Kepala Badan Pendapatan dan Aset Provinsi NTT, Zeth Sony Libing mengatakan tidak ada tindakan anarkis yang dilakukan aparat keamanan terhadap warga Pubabu Besipae.

“Tidak ada anarkis. Tidak ada tindakan represif dan intimidasi serta penelantaran terhadap masyarakat di Pubabu. Apa yang dilakukan aparat keamanan hanya ‘shock therapy’ untuk membangunkan masyarakat agar bersedia menempati rumah yang sudah dibangun pemerintah,” katanya.

Menurut dia, pemerintah sudah selesai membangun rumah untuk menggantikan rumah warga yang telah digusur.

Namun, karena warga bersikeras sehingga aparat sengaja menembak gas air mata ke tanah dengan tujuan agar warga bisa masuk ke rumah yang disediakan tersebut.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: