logo
×

Kamis, 19 Januari 2023

Gagal Atasi Banjir dan Kemiskinan, Benarkah Suara Pemilih Ganjar di Jatim dan Jabar Jeblok?

Gagal Atasi Banjir dan Kemiskinan, Benarkah Suara Pemilih Ganjar di Jatim dan Jabar Jeblok?

DEMOKRASI.CO.ID - Narasi mencatut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beredar di media sosial. Narasi tersebut dibagikan pengguna akun Facebook ini  pada 16 Januari 2023. 

Narasi itu dibagikan dalam bentuk hasil tangkapan layar artikel Fajar.co.id dengan judul yang seolah menarasikan suara pemilih Ganjar di Jawa Timur dan Jawa Barat turun karena dinilai gagal mengatasi kemiskinan dan banjir. 

Berikut narasi terkait yang dibagikan. 

Penyebab suara Ganjar Pranowo Jeblok di Jatim dan Jabar karena gagal mengentas kan kemiskinan dan banjir 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak ditemukan artikel dengan judul terkait pada laman Fajar.co.id. 

Mengacu pada waktu tayang, ditemukan artikel dengan judul "Ini Penyebab Suara Ganjar Pranowo Jeblok di Jatim dan Jabar". 

Artikel itu membahas faktor-faktor penyebab perolehan suara Ganjar cenderung stagnan di Pulau Jawa. Hal tersebut disampaikan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN). 

Menurut pihak terkait, faktor-faktor itu meliputi kinerja Ganjar yang dinilai kurang maksimal dalam mengatasi sejumlah persoalan, seperti banjir di wilayah Jateng. Selain itu, penggunaan dana Baznas untuk beberapa kader PDIP juga menjadi salah satu penyebab suara pemilih stagnan. 

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi suara pemilih Ganjar di Jatim dan Jabar turun karena gagal mengatasi kemiskinan dan banjir adalah tidak benar. Faktanya, hasil tangkapan layar yang dibagikan sudah melalui proses penyuntingan. [populasi]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: