logo
×

Rabu, 18 Januari 2023

KPK Geledah Lantai 8 Gedung DPRD Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan, Gembong: Ke Ruang Bu Mega Ya, Bukan ke Ruang Fraksi

KPK Geledah Lantai 8 Gedung DPRD Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan, Gembong: Ke Ruang Bu Mega Ya, Bukan ke Ruang Fraksi

DEMOKRASI.CO.ID - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyebut bahwa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menggeledah ruang Fraksi PDIP di lantai 8. KPK disebut hanya menggeledah ruangan salah satu anggota PDIP, yakni Cinta Mega.

"Lantai 8 di ruang Bu Cinta Mega iya. Bukan ruang Ketua Fraksi," kata Gembong saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (18/1/2023).

Cinta Mega merupakan anggota DPRD DKI dari Fraksi PDI Perjuangan yang sudah menjabat selama dua periode. Periode pertama yaitu 2014-2019, dan kini tengah menjalankan periode kedua 2019-2024.

Gembong mengaku tidak mengetahui secara pasti apa saja barang-barang yang diambil oleh penyidik KPK dari ruangan Cinta Mega. Sebab, saat penggeledahan berlangsung Gembong mengaku sedang tidak berada di lokasi.

"Gak tau, pertama memang saya kemarin gak ke kantor, jadi kemarin saya dapat info dari sekwan kan gitu loh sore kira-kira jam 6 saya dapat info. Saya tanya yang diperiksa siapa, ruang Bu Cinta. Udah kan gitu loh, tapi apa yang dibawa kita gak tau, gak di kantor juga. Sampe malam kan itu sampe jam 10," jelasnya.

Gembong juga tidak mengetahui apakah Cinta Mega punya kaitan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Pulogebang, Jakarta Timur. Sebab, menurutnya yang tahu keterkaitan itu hanya KPK dan sosok yang bersangkutan.

"Ya kita gak tahu, kalau keterkaitan yang tau KPK. KPK sama yang bersangkutan, saya gak tau, gitu loh," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri, membeberkan hasil penggeledahan yang dilakukan oleh timnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, pada Selasa kemarin (17/1/2023).

Ali mengatakan, setidaknya ada 6 ruangan yang menjadi lokasi penggeledahan untuk mencari barang bukti (barbuk) terkait dugaan kasus korupsi pengadaan lahan di Pulogebang, Jakarta Timur. Salah satunya ruang kerja Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi.

"Setidaknya ada 6 ruangan yang dilakukan penggeledahan diantaranya ruang kerja di lantai 10, 8, 6, 4, 2 dan staf komisi C DPRD DKI Jakarta," kata Ali dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Berdasarkan penggeledahan tersebut, Ali mengatakan bahwa penyidik KPK berhasil mengamankan sejumlah barang bukti terkait berkas-berkas mengenai penyertaan modal untuk pengadaan lahan di Pulogebang. 

"Tim Penyidik menemukan berbagai dokumen dan alat bukti elektronik yang diantaranya diduga terkait proses pembahasan dan persetujuan penyertaan modal pada Perumda SJ di DPRD DKI Jakarta yang kemudian dipergunakan untuk pengadaan tanah di Pulogebang," ujarnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: