Notification

×

Iklan

Iklan

Pendaftaran Online Kartu Prakerja Akan Dibuka Tanggal 1 April

Kamis, 26 Maret 2020 | 21:02 WIB Last Updated 2020-03-26T14:02:25Z

DEMOKRASI.CO.ID - Sepekan yang lalu, pemerintah telah meluncurkan program Kartu Prakerja. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan calon pekerja.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan, selain berfungsi sebagai program vokasi, kartu ini juga bisa menjadi program perlindungan selama masa pandemi corona (covid-19), terutama untuk pekerja informal.

Sementara, untuk perlindungn pendapatan pekerja formal, pemerintah akan mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) lewat Badan Penyelenggara (BP) Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Pemerintah akan memperlebar dana operasionalnya.

“Kartu prakerja sudah soft launching pekan lalu. Namun demikian untuk bisa menerima aplikasi secara online kita targetkan 1 April,” ujar Susi saat teleconference di gedung BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk Positif Covid-19

Susi memaparkan, program Kartu Prakerja bisa dinikmati pekerja informal dan masyarakat luas. Namun, masyarakat yang ingin ikut program ini harus memenuhi beberapa syarat.

“Persyaratan kartu pra kerja ini syaratnya sedang tidak kerja, sekolah maupun kuliah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan peluncuran Kartu Prakerja bisa membantu tenaga kerja yang terdampak Covid-19 untuk meningkatkan ketrampilan melalui pelatihan secara daring yang dapat dipilih sesuai minat.

“Kartu Prakerja menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling),” ujar Menko Airlangga dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat (20/3).

Dia mengatakan dengan adanya program ini diharapkan para pekerja muda khususnya yang baru lulus SMA/SMK, ataupun yang kehilangan pekerjaannya bisa meningkatkan daya saing melalui pelatihan-pelatihan yang disediakan. Airlangga menjelaskan setiap WNI di atas 18 tahun bisa mendaftarkan diri secara online di situs Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. (*)
loading...