logo
×

Selasa, 14 Februari 2023

Bikin Anies Panas Dingin, Benarkah Presiden Jokowi Perintahkan Buka Kembali Kasus Formula E?

Bikin Anies Panas Dingin, Benarkah Presiden Jokowi Perintahkan Buka Kembali Kasus Formula E?

DEMOKRASI.CO.ID - Video terkait kasus dugaan korupsi Formula E beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 12 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kasus dugaan korupsi Formula E dibuka kembali. 

"PERINTAH LANGSUNG OLEH JOKOWI KASUS DANA FORMULA E DI BUKA KEMBALI BIKIN ANIS PANA DINGGIN," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"VIRAL PAGI INI??ATAS PERINTAH MENKOPOLHUKAM MAHFOD MD.ANIS BASWEDAN SEGERA DI SERET KE RANA HUKUM," demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Jokowi meminta kasus Formula E dibuka kembali. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel Liputan6.com berjudul "Menko Mahfud: KPK Sulit Menelisik Formula E Sebab Dikaitkan dengan Anies Baswedan", tayang pada 31 Januari 2023. 

Artikel membahas pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD terkait kesulitan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat mendalami kasus Formula E, sebab selalu dikaitkan dengan Anies Baswedan dan politik. 

Dengan demikian, video dengan narasi Jokowi meminta kasus Formula E kembali dibuka adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi terkait. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: