logo
×

Selasa, 14 Februari 2023

Ingin Jatuhkan Anies di Pilpres, Benarkah Sandiaga Sengaja Fitnah Lewat Utang Rp50 Miliar?

Ingin Jatuhkan Anies di Pilpres, Benarkah Sandiaga Sengaja Fitnah Lewat Utang Rp50 Miliar?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 10 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan bahwa Sandiaga sengaha fitnah utang Rp50 miliar untuk menjatuhkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pilpres. 

"ISU 50M HANYALAH FITNAH ! TERNYATA SANDIAGA LAKUKAN INI SEMUA HANYA UNTUK MENJATUHKAN ANIES," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"ANIES GERUDUK LANGSUNG SANDIAGA UNO ??TERBUKTI ISU 50M ITU HANYA INGIN MENJATUHKAN ANIES PILPRES," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar Sandiaga sengaja fitnah utang Rp50 miliar untuk menjatuhkan Anies di pilpres. 

Video membahas tanggapan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Habib Noval Assegaf alias Gus Noval terhadap pernyataan Sandiaga yang mengaku tidak ingin mempersoalkan masalah utang Anies senilai Rp50 miliar. Menurut Gus Noval, Sandiaga perlu meminta maaf kepada Anies karena dianggap menyampaikan sesuatu dengan niat tidak baik. 

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel Warta Ekonomi berjudul "Ikhlaskan Utang Rp50 Miliar usai Salat Istikharah, Gus Noval Sentil Sandiaga Uno: Harusnya Anda Minta Maaf ke Anies!" tayang pada 10 Februari 2023. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Sandiaga sengaja fitnah utang Rp50 miliar untuk menjatuhkan Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang menyatakan demikian. [populis]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: