logo
×

Rabu, 01 Februari 2023

Tinggalkan Prabowo, Benarkah Ribuan Kader Gerindra Deklarasikan Anies Capres?

Tinggalkan Prabowo, Benarkah Ribuan Kader Gerindra Deklarasikan Anies Capres?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Partai Gerindra beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 30 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, ribuan kader Gerindra meninggalkan Ketua Umum Prabowo Subianto untuk mendeklarasikan bakal capres Partai NasDem Anies Baswedan. 

"ABAIKAN PRABOWO..!! KADER GERINDRA DUKUNG ANIES ORANG INI SEBUT ANIES GERUS 90% PEMILIH PRABOWO 2019," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"TINGGALKAN PRABOWO !! RIBUAN KADER GERINDRA DEKLARASIKAN ANIES," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar ribuan kader Gerindra meninggalkan Prabowo untuk mendeklarasikan Anies capres. 

Video membahas ajakan Ketua Umum Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jaya Mohamad Taufik kepada seluruh anggotanya untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres, terlebih Anies merupakan kader KAHMI. 

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel Goriau.com berjudul "Seruan Ketua KAHMI ke Kader di 2024: Yakusa Anies Baswedan Presiden!" tayang pada 23 November 2022. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi ribuan kader Gerindra meninggalkan Prabowo untuk mendeklarasikan Anies adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi terkait. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: